Sat. Jun 22nd, 2024

Sebelum memilih jenis flowmeter yang diperlukan, perlu untuk mengevaluasi kelayakan pengukuran tersebut dan memilih tempat untuk pemasangan perangkat.

 Dalam kasus di mana fasilitas yang merupakan produsen air limbah berada di area pengembangan padat, organisasi akuntansi untuk limbah seringkali tidak mungkin.

Laporan khusus dikeluarkan untuk mengkonfirmasi ketidakmungkinan teknis pemasangan flowmeter.

Jika keputusan untuk memasang flowmeter dibuat, maka jenis perangkat harus ditentukan tergantung pada karakteristik objek. Biasanya, flowmeter dipasang pada jaringan yang ada di sumur khusus.

Manhole yang sudah ada di jaringan tidak tepat. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa sumur inspeksi terletak di titik rotasi pipa atau perubahan tingkat posisinya. Ini bertentangan dengan aturan bahwa alat ukur harus dipasang dalam garis lurus.

Masalah yang mungkin timbul saat melakukan pengukuran Open Channel Flow Meter

Saat mengatur akuntansi, Anda dapat menemukan dua masalah yang memengaruhi akurasi pengukuran, yaitu keterbelakangan dan pendangkalan.

Alasan terjadinya terpencil:

akumulasi limbah padat di pipa, membentuk penyumbatan;

penghancuran bagian individual dari pipa;

adanya bias dalam arah yang berlawanan dengan aliran air;

jika inset dibuat pada tingkat yang lebih rendah dari permukaan pembuangan di pengumpul kota, air akan muncul dari sisi pengumpul.

Penyumbatan dapat dihilangkan dengan membersihkan sistem pembuangan limbah, dan masalah lain diselesaikan dengan melakukan perbaikan.

Penyebab pendangkalan:

pasir memasuki pipa;

kemiringan pipa yang tidak memadai;

penghancuran bagian pipa, sebagai akibatnya tanah memasuki saluran pembuangan.

Untuk menghindari ketidakakuratan pengukuran, sebelum menghitung volume air limbah, harus diperhatikan untuk membawa sistem dalam urutan penuh.

Untuk mendapatkan hasil akuntansi saham yang benar, perlu:

instal perangkat dalam bagian lurus;

ketika saluran air bergerak karena gravitasi, flow meter harus dipasang di bagian bawah;

unit pengukuran air limbah tidak dapat dipasang di bagian atas jaringan, karena pengukuran yang akurat hanya dimungkinkan dengan pengisian maksimum pipa;

jika saluran pembuangan dibuang secara bebas ke lingkungan, maka meteran tidak dapat dipasang di bagian bawah sistem saluran pembuangan;

bidang sensor dapat menyimpang dari garis horizontal dengan tidak lebih dari 25 0.

Sebagian air dapat digunakan untuk irigasi atau kebutuhan lain tanpa pengalihan berikutnya ke dalam sistem saluran pembuangan.

Perangkat seperti Flow Meter Air Limbah sangat berguna di perusahaan-perusahaan di mana jumlah air limbah yang masuk ke saluran pembuangan jauh lebih sedikit daripada volume air yang masuk.

Perangkat pengukuran modern adalah produk teknologi tinggi dengan komponen elektronik. Perangkat ini memberikan pengukuran yang akurat dan dapat diandalkan.

Perhitungan dilakukan dalam saluran terbuka atau pipa di mana zat kimia agresif dan partikel tersuspensi dapat hadir.

Oleh karena itu, semua perangkat pengukur limbah disesuaikan secara struktural untuk bekerja dengan cairan agresif dan sangat terkontaminasi. Menurut prinsip operasi, meter air limbah dibagi menjadi dua jenis:

Instrumen jenis pertama hanya memperhitungkan tingkat aliran. Jumlah saluran ditentukan oleh laju aliran saluran.

Kisaran flow meter untuk air limbah mencakup jenis perangkat berikut:Perangkat jenis kedua memperhitungkan tidak hanya level, tetapi juga karakteristik kecepatan aliran. Pengukuran oleh perangkat tersebut dilakukan berdasarkan prinsip “area kecepatan”.

Ultrasonik – dilengkapi dengan sensor level untuk mengukur kedalaman aliran dengan elemen aliran langsung, memungkinkan pemasangan perangkat dalam pipa tanpa melakukan pekerjaan konstruksi di kolektor. Untuk mendapatkan data dari flowmeter, kabel, nirkabel, komunikasi modem digunakan.

Elektromagnetik flow meter adalah perangkat yang operasinya didasarkan pada prinsip interaksi fluida yang melewati perangkat dengan medan magnet. Cairan yang digunakan untuk meter air limbah elektromagnetik harus konduktif.

Lever-pendulum perangkat digunakan untuk menentukan laju aliran air di saluran terbuka dan tertutup. Perangkat ini dilengkapi dengan pelampung berbentuk bulat, yang mengukur tingkat efluen, dan pisau putar yang dirancang untuk menghitung kecepatan fluida.

Selain alat ukur stasioner, perangkat portabel digunakan yang digunakan untuk sementara menggantikan flowmeters yang dilepas. Meter portabel dilengkapi dengan sensor ultrasonik. Perangkat dapat bekerja sepanjang hari dengan daya baterai, dan pada malam hari mengisi ulang daya baterai. Dengan bantuan adaptor, daya mereka yang tidak terputus dapat diatur.

By admin