Sat. Jun 22nd, 2024

Menjadi blogger adalah hobi atau profesi yang sanggup dipilih terkecuali Anda tertarik dan mempunyai kemampuan dalam menulis artikel. Meski terkesan mudah, tapi masih banyak yang bingung bagaimana cara menulis blog untuk pemula yang baik sebagai cara awal jadi blogger.

Jika Anda adalah tidak benar satunya, maka Anda sampai di artikel yang tepat. Artikel ini bakal mengupas beberapa tips dalam menulis blog untuk pemula, terhitung rekomendasi platform penulisan blog untuk blogger pemula dengan penulis konten. Penasaran? Langsung review informasinya di bawah ini, ya!

Cara Menulis Blog untuk Pemula

Menulis blog tidaklah ringan dan tidak pula susah. Anda hanya wajib terbiasa bersama dengan flow penulisan artikel blog untuk menyebabkan menulis blog jadi kesibukan yang ringan dilakukan. Berikut ini adalah beberapa cara menulis blog yang wajib diketahui untuk penulis pemula.

Buat Judul yang Menarik

Judul adalah perihal pertama yang dicermati oleh pembaca sebelum pembaca memastikan untuk membaca artikel tersebut. Sehingga, judul sebaiknya dibuat semenarik barangkali sehingga pembaca tertarik untuk mengakses artikel tersebut klik disini.

Pahami Apa yang Akan Ditulis

Sebelum menjadi menulis, pastikan Anda udah tahu apa yang bakal Anda tulis. Jika topik yang bakal dibahas dulu dibahas terhadap artikel lain, Anda sanggup membaca artikel berikut untuk tingkatkan ilmu Anda.

Selain itu, Anda terhitung sanggup menyebabkan outline penulisan terhadap buku catatan Anda tentang bagaimana Anda bakal menyebabkan artikel blog Anda.

Kenali Pembaca Anda

Mengenali pembaca atau target audiences artikel Anda bakal membantu Anda memilih tone atau gaya yang pas dalam membawakan Info terhadap artikel Anda. Apakah Anda mendambakan membawakannya secara formal atau kasual.

Pastikan Intro Juga Menarik

Selain judul, anggota pembuka artikel (introduction) terhitung sebaiknya dibuat semenarik mungkin. Karena intro jadi penentu apakah pembaca bakal lanjut membaca artikel sampai selesai atau tidak.

Jangan Lupa Gunakan Subheadings

Menggunakan subheadings terhadap artikel Anda bakal menyebabkan pembaca lebih ringan dalam membaca tiap tiap Info yang disajikan. Terlebih kembali terkecuali artikel Anda tergolong panjang.

Manfaat Blog Untuk Perkembangan Bisnis

1. Menaikkan traffic website

Manfaat pertama dari menggunakan blog bagi bisnis yaitu untuk menaikkan traffic. Setiap orang pasti ingin website bisnisnya memiliki banyak pengunjung.

Sayangnya mendapatkan traffic yang tinggi bukanlah hal yang mudah. Namun, hal itu bisa dibantu dengan memanfaatkan blog.

Seperti yang disebutkan oleh HubSpot, setiap kali membuat konten untuk blog, maka akan berkesempatan untuk muncul di mesin pencari dan mendapatkan pengunjung dengan cara organik.

Meskipun begitu, tidak mudah agar blog bisa memiliki banyak pengunjung.

Pasalnya, kamu harus mempersiapkan konten yang menarik, edukatif, dan tentunya harus sesuai dengan SEO.

Rajin update konten blog ke media sosial juga akan membantu bisnismu lebih maju. Jadi, jangan lupa ya, setelah memposting konten di blog, kamu bisa langsung membagikannya ke semua akun media sosial.

Semakin banyak orang yang menyebarkan link konten dari blog di media sosial, maka makin besar pula kesempatan memiliki banyak pengunjung di website.

2. Menarik pelanggan baru

Menarik pelanggan baru memang tidak mudah. Akan tetapi, blog bisa menjadi salah satu strategi content marketing yang bisa kamu coba lakukan.

Search Engine Journal menjelaskan bahwa blog dengan konten yang informatif lebih mungkin mendatangkan banyak pelanggan potensial.

Misalnya saja kamu memiliki bisnis pakaian yang baru dirintis.

Jika konten di blog-mu sangat menarik seperti prediksi gaya atau cara mix and match pakaian, pasti akan sangat menarik bagi para pembaca.

Bahkan, besar kemungkinannya pembaca konten blog-mu tadi akhirnya mencari tahu apa saja produk yang kamu tawarkan dan akhirnya menjadi pelanggan barumu.

Jadi, saat membuat konten untuk blog sebaiknya buatlah artikel yang sarat informasi.

3. Meningkatkan jumlah lead

Tidak hanya mampu meningkatkan jumlah pengunjung website, menggunakan blog juga dapat meningkatkan lead atau prospek.

Lead di sini adalah suatu sikap ketertarikan dari calon pelanggan pada brand. Ketertarikan itu bisa terlihat dari ikut berlangganan newsletter hingga mengisi contact form dan mencantumkan email.

Dilansir dari OpenVine, email yang dicantumkan pelanggan potensial tersebut bisa dianalisis dan dimanfaatkan untuk tujuan pemasaran.

Selain itu, data tersebut juga bisa membantumu untuk melihat persona dari para pelanggan.

Hal itu sangat berguna untuk menentukan strategi marketing yang akan digunakan.

Setelah memiliki lead yang tinggi, maka kamu bisa memberikan promo sehingga mereka merasa tertarik dan akhirnya melakukan pembelian.

4. Meningkatkan kredibilitas

Setiap pelanggan pastinya ingin membeli barang atau menggunakan layanan dari perusahaan yang memiliki kredibilitas baik.

Manfaat blog untuk bisnis selanjutnya berkaitan erat dengan meningkatkan kredibilitas dan menaikkan kepercayaan pelanggan.

Seperti yang disebutkan oleh RebootOnline, membangun hubungan dengan calon pelanggan sangatlah penting dan hal tersebut bisa dilakukan dengan memanfaatkan blog.

Semakin berkualitas konten yang dibuat, pastinya akan mendatangkan pembaca yang loyal. Hal itu juga akan memupuk rasa kepercayaan dari pelanggan baru.

By admin