Wed. Jun 19th, 2024

Di zaman digital, pemasaran menjadi sangat penting dalam mengembangkan bisnis. Salah satu metode yang paling efektif untuk pengembangan bisnis adalah melalui promosi.

Ada berbagai macam media promosi yang dapat digunakan untuk memasarkan produk atau jasa, tetapi perlu diingat bahwa media promosi harus memberikan efektivitas yang baik terhadap bisnis tersebut.

Salah satu media promosi yang efektif adalah digital advertising. Digital advertising adalah suatu metode promosi yang digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan. Berikut ini adalah penjelasan mengenai digital advertising.

Sistem Pembayaran Periklanan Digital

Beberapa metode pembayaran yang lebih umum digunakan dalam periklanan digital adalah:

Bayar per klik (PPC)

Metode ini mengharuskan pengiklan membayar setiap kali pengguna mengeklik iklan yang ditampilkan. Biaya iklan digital bergantung pada jumlah klik yang diterima.

Bayar per Tayangan (PPI) dan Bayar Per Seribu (PPM)

Dalam metode ini, biaya iklan digital dibebankan saat iklan Anda ditampilkan di perangkat pengguna , tanpa memedulikan. apakah pengguna mengklik atau tidak. “Per Mille” di sini berarti 1.000 penayangan iklan.

Ga usah bingung, hubungi saja ahlinya disini: advertising agency jakarta

Bayar Per Tampilan (PPV)

Metode ini membebankan biaya pada iklan digital setiap kali pengguna melihat iklan video yang ditampilkan. Pembayaran didasarkan pada jumlah tayangan iklan.

Bayar Per Tindakan/Pembelian (PPA)

Dalam metode ini, biaya iklan digital dibebankan setiap kali pengguna melakukan tindakan atau tindakan yang diinginkan pengiklan, seperti mengisi formulir bentuk atau konversi.\ n

Sehingga pengiklan dapat memilih metode pembayaran yang sesuai dengan tujuan periklanan dan hasil yang diharapkan. Setiap metode memiliki keunggulan dan pertimbangan tersendiri, sehingga penting bagi pengiklan untuk mempertimbangkan strategi dan anggaran mereka sebelum memilih metode pembayaran yang tepat.

Contoh iklan digital

Contoh iklan digital lainnya yang dapat Anda gunakan terapkan pada bisnis Anda untuk memperkuat kehadiran online.

Iklan bergambar

Salah satu bentuk iklan digital yang paling umum adalah iklan bergambar. Iklan bergambar adalah iklan grafis yang muncul di berbagai situs web dan platform online lainnya. Misalnya iklan banner, iklan sampingan atau pop-up. Keunggulan iklan bergambar adalah kemampuannya menarik perhatian pengguna dan meningkatkan kesadaran merek. Anda dapat menggunakan gambar, teks, dan elemen desain yang menarik untuk menyampaikan pesan kepada audiens target Anda.

Iklan Video

Dalam beberapa tahun terakhir, iklan video menjadi semakin populer dalam periklanan digital. Dengan iklan video, Anda dapat menyampaikan pesan Anda dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. Anda dapat membuat video pendek tentang produk atau layanan Anda, pengalaman pelanggan, atau kisah merek. Platform seperti YouTube, Facebook, dan Instagram menawarkan berbagai cara untuk mempromosikan video Anda kepada pemirsa yang relevan.

Iklan Media Sosial

Media sosial telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari banyak orang. Mempromosikan bisnis Anda di platform media sosial dapat memberikan hasil yang sangat efektif. Misalnya, iklan Facebook memungkinkan Anda menargetkan audiens berdasarkan demografi, minat, dan perilaku mereka. Anda dapat membuat iklan yang disesuaikan dengan target audiens Anda atau sebagai iklan gambar, video, atau carousel yang menampilkan beberapa produk sekaligus. Selain Facebook, situs media sosial lain seperti Instagram, Twitter, dan LinkedIn menawarkan fitur periklanan yang dapat Anda manfaatkan.

Iklan Penelusuran

Iklan Penelusuran adalah jenis iklan yang muncul di laman hasil penelusuran. mesin seperti Google. Dengan menggunakan platform periklanan seperti Google Ads, Anda dapat membuat iklan yang muncul ketika orang mencari kata kunci yang berhubungan dengan bisnis Anda. Iklan penelusuran memungkinkan bisnis Anda muncul di bagian atas hasil penelusuran, sehingga meningkatkan kemungkinan pengguna mengunjungi situs web Anda.

 Anda juga dapat menetapkan anggaran harian dan mengukur efektivitas iklan Anda dengan metrik seperti klik, tayangan, dan hasil.

Iklan Bawaan

Iklan Bawaan adalah jenis iklan yang disesuaikan dengan konten platform target. Misalnya, iklan native di platform berita online atau blog disajikan dalam format yang sama dengan konten di sekitarnya.

 Keunggulan native advertising adalah tampilannya lebih natural dan tidak mengganggu pengalaman pengguna. Dengan menayangkan iklan yang relevan dan menarik, Anda dapat membangun hubungan yang lebih baik dengan audiens Anda.

Iklan influencer

Dalam beberapa tahun terakhir, iklan influencer telah menjadi tren populer di dunia periklanan digital. Dengan bermitra dengan influencer yang memiliki banyak pengikut dan menarik, Anda dapat membuat audiens mereka mempromosikan produk atau layanan Anda.

 Saat memilih influencer, pastikan mereka selaras dengan nilai dan merek Anda. Konten yang disampaikan oleh influencer lebih autentik dan dapat lebih menarik bagi pengikutnya.

Periklanan

Periklanan adalah strategi periklanan digital yang memungkinkan Anda menampilkan iklan kepada pengunjung yang sebelumnya pernah mengunjungi situs web Anda. Jika seseorang meninggalkan situs Anda tanpa melakukan pembelian, penargetan ulang iklan memungkinkan Anda mengingatkan mereka produk atau layanan apa yang sebelumnya mereka lihat.

Hal ini dapat membantu meningkatkan rasio konversi dan memengaruhi keputusan pembelian.

Saat menerapkan strategi periklanan digital, penting untuk memahami audiens Anda dan memilih platform yang tepat untuk mencapai sasaran Anda. Teliti target pasar Anda, minat dan perilaku mereka, serta platform yang mereka gunakan secara aktif.

Dengan menggunakan contoh periklanan digital di atas, Anda dapat meningkatkan kehadiran online bisnis Anda, memperluas jangkauan merek Anda, dan memberikan hasil yang positif untuk bisnis Anda..

By admin